Thursday, September 14, 2023

Cerita Adaptasi di Sekolah Baru (anak hygromacolli) #part1

sekolah baru anak hygromacolli

 Tahun ajaran baru kemarin telah di mulai, anak2 siap masuk sekolah. Begitu pula dengan abi, mulai masuk sekolah dengan kegiatan matsama (masa ta'aruf siswa madrasah) di kelas 1 sejak 2 bln lalu.


Sebagai ibu yang mempunyai anak dengan kelainan fisik, pasti ini jadi moment yang mendebarkan. Cerita sedikit ya bun.. Kemarin perasaan was2 dan cemas selalu menghantuiku setiap hari. Bahkan terkadang beberapa pikiran yang bikin was-was muncul setiap abi berangkat sekolah di awal-awal dia masuk.


Beberapa perasaan cemas seperti "duuhh.. Gimana anakku nanti di sekolah ya? Dapat teman gak ya? Pasti banyak yang ngejek dengan kekurangannya? Truss apakah baik2 aja ya anaku nanti?? Minder gak ya dia?". Daaannn masih banyak lagiii... 😣. 


Walaupun sejak masuk pra sekolah (PAUD) abi sudah selalu aq wanti2 dengan pertanyaan dan segala jawaban antisipasi dari temen2 sekolahnya. Tapi tetap aja bun.. Rasanya masih deg deg seerrr gituu mikirinnya setiap masuk sekolah baru.


Dimulai dengan hari pertama abi masuk sekolah. Pulang dari sekolah langsung deh aq coba pancing2 si abi tak suruh cerita "gimana di sekolah baru dengan temen baru tadi? Dapat temen baru gak? " Tanyaku. "Truss kegiatan apa aja tadi di hari 1 sekolah? ".


Truss abi mulai cerita " Tadi liat mbak2 cantik 3 nari ock mam (kakak kelas yang sedang tampil hiburan), terus masuk kelas perkenalan sama temen2."Lha dapet temen baru belum? " Tanyaku. "Dapet tapi cuma 2,soale yg lain pada ngejekin abi. Abi di kelas gak banyak bicara ock mam.. soale gak ada yang ngajak bicara" jawabnya. " Kenapa gak ajak bicara duluan? " (Aku). "Pada gak mau dengerin abi bicara ock, cuma temen baru yang tadi aja yang mau dengerin abi bicara, tapi jauh soal nya takut ketabrak temen laine mainan" (Abi). 


Dalam hati rasanya deeeggg... Pengen nangis denger anaku cerita gitu. Walaupun dari jauh2 udah nyiapin hati tapi kenapa tetep aj sedih banget rasanya. Lalu aq beraniin buat tanya lagi "emang abi di ejek gimana sama temen2? ". " Hmm.. Ya di ejek hiii... Abi jelek pipinya besar 1 gitu". "Trs abi gimana? " (aku). " Yaa.. Tak cuekin aja, kan kata mamy suruh cuekin aja klo ada yang ngejek.. "(abi). " Iyaa..bener, trus abi sedih gak? Marah gak? Diejekin gt? " (aku). " Gak.. Biasa ajaaa, kan abi cuekin mam".


Dalam hati berteriak " Anaku hebat 👍😘". Sambil ngelus2 kepalanya yang lagi rebahan istirahat, aq kasih dia support " Bener banget, cuekin aj temen2 kayak gitu. Nanti kan dia klo capek diem sendiri. Anak2 yg suka ngejek brarti hatinya gak baik, biyar dapet dosa di catat malaikat ya.. Klo temen2 di TK mu dulu baik2 ya dek, gak ada yg suka ngejek"(aku). " Iya mam, temen2 pas di TK klo udah kenalan langsug ngajak main bareng.. Enak, baik semua juga gak pada usil. Klo tadi banyak yg usil mam temen2, sikapnya malah kayak anak TK A aja" Jwb abi. 


"Cieeee... Sok udah gede aja kamu dek" Sambil tak ketawain. " Laahh kan emang abi udah gede mam, udah kelas 1 (dg lagak sombongnya krn udah kelas 1) ". Hahahaha iyaa iyaa... Besok masih semangat sekolah kan?? Masiihhh doonk.. Jwb abi dengan bangga. 


Hari ke-2 matsama..
Pulang sekolah ku tanyai lagi "gimana hari ini di sekolah? dah dapet temen baru lagi belum?". "Belum mam". "Lah kenapa gak kenalan sama temene lagi?". "Tadi gak ada yang mau dekat2 abi mam,semua pada sibuk main sama bicara2". "Tapi main sama temen yang kemarin kan?". "Gak.. temen yang kemarin diajak main sama temene ock,jadi abi gak ada temen". "Truss klo gak ada temen main gitu abi ngapain aja pas di sekolah?". "Mainan tangan (sambil merenges)". Yang di maksud mainan tangan itu,dia berimajinasi sendiri seperti jadi tank/pistol dengan tangannya bun...


"Masih di ejek temene lagi gak?"tanyaku. "Masih..yang sering ngejek itu 3 orang mam". "Emang seperti apa sih yang ngejek?"tanyaku. "Emm.. yang 1 mukae banyak merah2e,hampir 1 muka lho mam tapi (merah tanda lahir). Yang 1 lagi badane item semua,tapi ini item banget mam. abi kan sudah item ya kan,tapi dia itu lebih item banget lagi. truss yang 1 gigi nya ompong 2 gak bisa tumbuh lagi mam."
"woo.. kayak abi donk gigie ompong (sambil aq ledekin)😂..


Dalam hati.. ya allah,, yang ngejek anaku ternyata juga gak lebih ganteng,,tapi ya sudahlah namanya juga anak2 dan emang sudah biasa dengan keadaan seperti itu. "Truss.. abi gimana? masih di ejekin lagi?". "Tak biyarin aja,gak tak dengerin mam. Yang penting abi gak di nakalin aja". Terlopeee 😘❤ banget anaku sayang.. "Iya.. pokoknya klo di ejek2 dah biyarin aja gak sah di denger,tapi beda cerita klo kamu di pukul lho yaa.. harus wajib bales,dan balesnya harus lebih kenceng. kenapa begitu? biyar dia juga tau rasanya di pukul itu sakit,juga biyar tidak terus2an dianya. Oke??" (aq). "OKE mam"(abi).


Lanjut di next story ya bun..
masih puanjaaang cerita tentang si abi di sekolah barunya 🤗.

baca juga adaptasi sekolah baru #part2

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon